herdinbisnis.com: Makan Apa Saja jika Asam Urat?

.

.

Sabtu, 29 Oktober 2016

Written on

Makan Apa Saja jika Asam Urat?

Asam urat (gout) merupakan peradangan pada sendi yang disebabkan penumpukan zat asam urat. Normalnya, asam urat larut dalam darah lalu dikeluarkan tubuh melalui urine.


Tetapi, bila kadar asam urat terlalu tinggi, tubuh hanya mampu mengeluarkan zat ini dalam jumlah sedikit. Akibatnya, asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal asam urat pada persendian hingga menyebabkan rasa nyeri, peradangan, dan bengkak.   

Agar risiko terkena asam urat berkurang, pilihlah makanan dan minuman berikut ini:

1. Buah-buahan
Buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi seperti jeruk, kiwi, ceri, lemon dan tomat dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah akan menghancurkan asam urat serta mengeluarkannya melalui urine. Buah-buahan yang kaya serat juga penting dikonsumsi, apalagi yang memiliki kadar purin rendah seperti pisang. Begitu juga apel, pir, dan anggur.

2. Sayur-sayuran
Pilihlah sayuran dengan kadar purin yang rendah seperti buah bit, timun, daun selada, dan kentang. Pilih juga sayuran yang kaya akan antioksidan seperti kol merah dan paprika. Konsumsi pula sayuran tinggi serat seperti wortel dan kale.

3. Air mineral
Terkesan sepele, namun mengonsumsi air sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pastikan Anda mendapat asupan cairan berupa air minum setidaknya dua liter per hari. Namun, penderita sasam urat yang mengalami gagal ginjal harus mengoonsultasikan pada dokter mengenai jumlah cairan yang bisa diterima tubuh.

4. Sumber karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Misalnya kentang, beras merah, jagung, dan ubi. Mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks bertujuan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine.

5. Produk susu rendah lemak
Susu rendah lemak beserta produk olahannya baik untuk dikonsumsi. Misalnya susu dan  yoghurt yang rasanya lezat dan ternyata mampu menurunkan kadar asam urat.
(dari sebuah sumber)
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!